Cara Agar Baterai HP Awet

Cara Agar Baterai HP Awet. Cara agar baterai HP awet tentu harus diketahui oleh semua pengguna smartphone karena hampir setiap waktu kita tidak lepas dari perangkat ini. Mulai dari urusan pekerjaan, bermedsos ria, YouTube-an, bermain game, sampai berkomunikasi dengan pacar atau keluarga. yang telah kita rangkum dalam Acelaw.net

Disupport oleh Poker77 IDN

Sebagai pengguna smartphone, kamu tentu pernah mengalami HP menjadi boros dan cepat habis. Padahal sebelumnya kondisi baterai irit dan tidak boros. Hal ini bisa berlaku untuk berbagai merk HP seperti Xiaomi, OPPO, iPhone, Samsung, Vivo, Huawei, sehingga kamu harus tahu cara agar baterai HP awet dan tidak bocor. Namun, sebelum membahas langkah-langkah tepat agar baterai HP milikmu tetap awet, pastikan kamu telah mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab baterai handphone-mu cepat habis meski tidak digunakan.

Kamu pasti jengkel bila smartphone berkapasitas baterai besar, namun boros dan cepat habis. Berikut penyebab baterai cepat habis padahal tidak digunakan yang telah Acelaw rangkum yang harus kamu tahu.

1. Sinyal buruk

Penyebab baterai cepat habis pertama, adalah sinyal buruk. Kondisi ini membuat smartphone kamu bekerja keras mencari pemancar sinyal terdekat. Bila berada di kawasan yang susah sinyal, sebaiknya kamu mematikan mobile data.

2. Banyak notifikasi

Mungkin kita tidak sadar dengan banyaknya notifikasi yang menumpuk dalam smartphone. Padahal itu menjadi salah satu biang kerok yang membuat baterai HP cepat habis.

3. Akses lokasi pada aplikasi

Ada berbagai aplikasi yang meminta izin kita untuk mengaktifkan lokasi saat menggunakannya. Sebut saja Google Map, Tinder, sampai aplikasi ojek online. Hal ini tentunya akan membuat smartphone kamu bekerja keras untuk memancarkan sinyal lokasi kamu berada.

4. Fitur sinkronisasi menyala

Fitur ini sebenarnya penting karena data kamu akan otomatis ter-back up dengan meng-upload ke Drive. Hanya saja fitur sinkronisasi ini boros baterai dan tentunya juga kuota.

5. Baterai rusak

Penyebab baterai gadget cepat habis terakhir, tentunya kerusakan baterai itu sendiri. Baterai smartphone zaman now tidak mudah dilepas dan dipasang seperti dulu. Tak heran bila banyak orang sampai melihat tutorial melepas baterai di YouTube.

 

Cara menggunakan baterai HP awet tanpa aplikasi

Siapa sih yang tidak mau baterai smartphone awet? Cepat drop-nya baterai smartphone bisa bikin banyak urusan berantakan, apalagi bila terjadi pada momen genting. Untuk mencegah hal itu, berikut cara agar baterai HP awet tanpa aplikasi yang bisa kamu coba.

1. Batasi penggunaan aplikasi

Banyaknya aplikasi yang aktif secara bersamaan menjadi penyebab baterai smartphone boros. Kamu bisa memperhatikan aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada background. Cek penggunaan baterai kamu dengan masuk menu Settings ? Battery ? Battery Usage bila merasa baterai Android cepat sekali habis. Jangan ragu menginstall aplikasi agar baterai HP awet saat main game, dengan cara ini.

2. Hati-hati meng-install aplikasi

Cara menggunakan baterai HP baru agar awet selanjutnya, dengan hati-hati terhadap aplikasi yang diinstal. Memang, ada segudang aplikasi yang menarik di internet, namun jangan sampai menginstal banyak aplikasi tanpa keperluan.

Banyak pula aplikasi yang membuat baterai smartphone drop karena melakukan ping lokasi Android terus-menerus. Salah satu cara membuat baterai HP awet kembali dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang banyak memakan RAM dan daya.

3. Non-aktifkan aplikasi bawaan

Hampir semua vendor smartphone menyematkan bloatware alias aplikasi bawaan. Hal ini bisa merugikan konsumen karena mendapatkan aplikasi yang ‘dipaksakan’ pada smartphone dan banyak orang yang tidak tahu cara menghapusnya.

Cara agar baterai HP awet Xiaomi, OPPO dan merk lainnya, dengan melakukan disable bloatware yakni masuk ke menu Settings ? Apps ? Pilih Aplikasi ? Disable. Selain dinonaktifkan dengan cara di atas, kamu juga bisa menghapus aplikasi bawaan di Android supaya kondisi baterai HP tidak terancam.

4. Power saving mode

Kamu masih menggunakan sistem operasi Android Lollipop? Bila ya, kamu bisa menghemat daya tahan baterai Android dengan masuk ke fitur Power Saving Mode. Mode ini membuat semua fungsi smartphone yang mengonsumsi baterai dibatasi, mulai dari kecerahan layar, WiFi, koneksi mobile, sampai lokasi.

Kamu bisa masuk ke Power Saving Mode adalah dengan masuk ke Settings ? Battery ? Battery Saver pada pengaturan smartphone. Langsung aja kamu coba cara agar baterai HP awet untuk merk OPPO dan merek lainnya serta membuat tahan lama.

5. Matikan fitur smart stay

Cara agar baterai HP awet tanpa aplikasi lainnya, dengan fitur Smart Stay yang ada di kebanyakan smartphone Samsung maupun smartphone lainnya. Fitur ini membuat smartphone tetap menyala selama kamu menatap layarnya. Namun fitur ini berimbas besar kepada baterai HP kamu. Layar smartphone yang terus menyala tentunya akan menguras baterai HP sedikit demi sedikit. Untuk membuat baterai HP Samsung awet, kamu bisa mencoba cara ini.

 

ini lah beberapa Tips and trick yang mimin bisa kasih tahu kepada kalian. tentang bagai mana memlihara Batre Hp agar tidak gampang rusak atau bocor yang telah mimin rangkum dalam acelaw.net jangan lupa juga membaca artikel artikel lain yang sudah mimin rangkum