Cara Melakukan Parkour atau Free Running

Cara Melakukan Parkour atau Free Running . Jika Anda pernah melihat orang melakukan lompatan-lompatan ekstrem di bangunan kota, orang-orang ini mungkin sedang berlatih parkour atau sering disebut juga free running. Parkour adalah olahraga yang mengandung gerakan-gerakan yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan, dan mengharuskan Anda untuk bergerak dari titik A ke titik B secepat mungkin sambil melakukan gerakan akrobatik. Free running hampir sama dengan parkour, hanya saja free running juga terdapat gerakan-gerakan indah seperti salto, berputar dan gerakan lainnya. Bacalah artikel ini untuk mulai berlatih parkour atau free running.yang telah kita rangkum dalam acelaw.net

Disupport oleh Poker77 IDN

 

Menjaga kondisi tubuh.

Anda harus memiliki daya tahan tubuh yang tinggi. Mulai dengan berlatih gerakan senam dasar seperti push-up, pull-up, sit-up, dan squat. Ini adalah latihan dasar untuk berlatih parkour. Para ahli mengatakan Anda harus sanggup melakukan 25 push-up, 5 pull-up dan 50 squat sebelum Anda bisa mulai melakukan gerakan parkour.

Berlatih mendarat dan berguling.

Parkour terdapat banyak gerakan lompatan dari tempat yang tinggi, dan Anda bisa melukai diri Anda bila Anda tidak tahu cara mendarat atau jatuh dengan aman. Anda sebaiknya mulai dengan lompatan dari tempat setinggi ½ meter atau 1 meter. Mendaratlah dengan bagian depan telapak kaki Anda sambil menekuk lutut dan jika Anda melompat dari ketinggian yang lebih tinggi dari 1 meter, bergulinglah ke depan ketika mendarat. Bergulinglah menggunakan pundak, bukan dengan punggung, Anda bisa melukai diri Anda jika berguling dengan punggung Anda.

Berlatih melompat dan gerakan memanjat.

Gerakan yang agak rumit ini dapat membantu Anda melewati halangan yang ada di sekeliling Anda. Ketika Anda mulai sering berlatih, Anda akan menemukan gerakan yang Anda sukai dan mulai membuat gerakan unik Anda sendiri.

Berlatih rutin.

Sama seperti olahraga lainnya, parkour membutuhkan latihan rutin agar Anda bisa menguasainya, jika tidak kemampuan Anda tidak akan berkembang. Berlatihlah setidaknya dua atau tiga kali seminggu dan pastikan Anda tetap melatih gerakan dasar Anda sambil mempelajari gerakan yang lebih sulit.

Berkreasi sendiri.

Mulailah melatih gerakan yang Anda ciptakan sendiri, sering melakukan eksperimen untuk menemukan gerakan baru, dan mencari tantangan baru yang ingin Anda kuasai. Ketika Anda mengetahui seluruh potensi diri Anda, tidak akan ada yang bisa orang lain lakukan untuk membatasi Anda.

 

Tentukan titik tujuan dan lakukan apa pun untuk mencapai titik itu.

Mulai dengan kecepatan rendah dan aman. Telusuri jalur antara dua titik tersebut berulang kali sampai Anda menguasainya. Dengan begitu kecepatan, daya tahan, dan Anda akan semakin mudah melewati rintangan jalur tersebut.
  • Proses ini dapat memakan beberapa jam, hari, bahkan tahun untuk menguasainya tergantung dari jalur yang Anda pilih, kemampuan Anda, dan juga faktor lainnya. Hal yang terpenting adalah terus berlatih walaupun akan memakan waktu yang lama. Cara ini adalah nilai utama dari parkour, dan Anda akan semakin mengerti tentang parkour.

Kembangkan gaya Anda sendiri.

Lewati rintangan dengan cara unik yang hanya bisa dilakukan oleh Anda. Gerakan yang biasa dilakukan orang lain tidak selalu cocok bagi Anda. Inilah alasannya mengapa Anda tidak bisa hanya mengandalkan rekaman orang lain sebagai bahan pembelajaran. Setelah Anda melewati hal ini dan dapat membuktikan bahwa Anda berbeda dari orang lain, gerakan yang dapat Anda lakukan akan semakin bervariasi.