Cara Menghitung Penghasilan Kotor

Cara Menghitung Penghasilan Kotor.Penghasilan kotor Anda adalah total kompensasi uang yang dhasilkan dalam kurun waktu tertentu sebelum dkurangi pajak, asuransi, pensiun, dsb. Walaupun nilai penghasilan bersih (jumlah uang yang benar-benar dterima) lebih relevan untuk kehidupan sehari-hari, ada beberapa alasan penghasilan kotor perlu dketahui. Mungkin, Anda ingin tahu besarnya pajak yang dpotong dari gaji, atau Anda ingin mengetahui nilai penghasilan kotor yang perlu dcapai untuk mendapatkan penghasilan bersih yang dnginkan. Apa pun alasannya, penghasilan kotor Anda dalam suatu kurun waktu dapat dhitung dengan perhitungan sederhana. yang telah kita rangkum dalam acelaw

Disupport oleh Poker77 IDN

Menentukan Penghasilan Kotor per Jam

v4 460px Work out Gross Pay Step 1 - Cara Menghitung Penghasilan Kotor

Jumlahkan jam kerja selama periode yang ingin dihitung.

 Anda bisa mencari penghasilan kotor per tahun . Bulan dwimingguan atau bahkan harian sesuai keinginan, asalkan tahu berapa jam kerja Anda selama periode tersebut.
  • Sebagai contoh, misalkan Anda bekerja selama 25 jam setiap minggunya dalam setahun.

 

v4 460px Work out Gross Pay Step 2 - Cara Menghitung Penghasilan Kotor

Sertakan waktu lembur atau double-time.

Jika Anda bekerja melebihi waktu normal di hari kerja atau hari libur, Anda mungkin akan menerima tambahan penghasilan per jamnya.
  • Penggunaan tarif lembur dan kerja  hari libur berbeda-beda iap perusahaan. Tanyakan besarnya tarif lembur dan kerja hari libur yang berlakukan tempat kerja Anda.
  • Walaupun pekerja paruh waktu biasanya tidak memiliki banyak lembur, mari asumsikan bahwa Anda bekerja double-time minggu lalu (dan setiap minggu untuk setahun sebelumnya). Oleh karena gaji yang diberikan ganda untuk lima jam dari 25 jam kerja minggu lalu, uang yang dterima sama dengan 30 jam kerja reguler ([20 x 1] + [5 x 2] = 30).

 

v4 460px Work out Gross Pay Step 3 - Cara Menghitung Penghasilan Kotor

Kalikan jam kerja total Anda dengan tarif gaji per jam.

Konsultasikan dengan bagian penggajian atau rekan kerja jika tidak mengetahui tarif gaji per jam dtempat kerja Anda.
  • Dalam contoh ini, kita asumsikan tarif gaji sebesar Rp13.500 per jam. Oleh karenanya, 30 x Rp13.500 = Rp405.000. Dalam setahun (52 minggu), total penghasilan Anda adalah 52 x Rp405.000 = Rp21.060.000.
  • Jika Anda tidak mahir matematika, atau memiliki banyak lembur, dll., Anda boleh menggunakan kalkulator daring yang terseda d internet.

 

v4 460px Work out Gross Pay Step 4 - Cara Menghitung Penghasilan Kotor

Tambahkan semua tips, komisi, atau bonus selama periode perhitungan.

Penghasilan kotor termasuk semua uang yang dterima dari kerja tanpa dkurangi apa pun.
  • Katakanlah minggu lalu Anda menerima bonus Rp45.000 .Karena produktivitas yang baik secara konsisten sehingga bonus dterima tiap minggu selama setahun yang lalu.
  • Dengan demikian, total baru Anda adalah Rp405.000 + Rp45.000 = Rp450.000 setiap minggunya, dan Rp405.000 x 52 = Rp23.400.000 per tahun.
  • Dari contoh di atas, penghasilan mingguan kotor naik menjadi Rp450.000 per minggu dan Rp23.400.000 per tahun. Inilah penghasilan selama periode yang dhitung sebelum dkurangi pajak dan semua pengurang lain.

 

v4 460px Work out Gross Pay Step 5 - Cara Menghitung Penghasilan Kotor

Bandingkan perhitungan Anda dengan dokumen gaji.

Seharusnya Anda memperoleh slip gaji atau dokumen penerimaan penghasilan lain yang serupa. Dari sini Anda bisa melihat besar penghasilan kotor dalam periode tertentu.
  • Jika pajak anda dbayarkan perusahaan , anda akan menerima bukti pemotongan PPh dari perusahaan yang menunjukkan besar pajak yang dbayarkan dari penghasilan Anda untuk tahun pajak tertentu.