Peraturan dalam Badminton

Peraturan dalam Badminton Badminton merupakan permainan raket yang paling cepat di dunia. Olahraga ini bisa dimainkan dengan dua orang atau empat orang, dan tujuan permainannya sederhana: cetak poin atau skor sebanyak mungkin dan lebih banyak dari lawan dengan memukul shuttlecock melewati net. Meskipun mirip dengan tenis, aturan permainan badminton jelas berbeda dan perlu dipahami sebelum Anda bisa mulai bermain. Jika Anda ingin bermain badminton layaknya seorang ahli atau hanya sekedar membuat orang lain terkesan, bacalah panduan di bawah ini.yang telah kita rangkum dalam acelaw.net

Disupport oleh Poker77 IDN

Mempelajari Aturan Permainan

 

v4 460px Play Badminton Step 1 Version 3 - Peraturan dalam Badminton

Pahami tujuan permainannya.

Seperti tenis, badminton adalah olahraga raket yang dimainkan oleh dua atau empat pemain (dua lawan dua). Tujuan permainannya adalah Anda atau tim Anda harus memasukkan sebanyak 21 poin lebih dulu dari tim lawan. Anda mendapat poin tiap kali Anda berhasil mendaratkan shuttlecock ke area lawan atau ketika lawan melakukan pelanggaran yang berarti lawan gagal memukul kembali shuttlecock ke wilayah permainan Anda. 
  • Untuk memenangkan permainan, Anda harus lebih dulu mendapat 21 poin dan dengan selisi dua poin dari lawan. Ini berarti jika dalam permainan poin kedua pihak adalah 20-20, berarti Anda harus menang dengan poin 22-20, dan seterusnya.
  • Jika Anda atau lawan Anda tidak bisa menang dengan selisih dua poin sampai poin kedua pemain mencapai 29-29, maka pemain yang berhasil mencapai poin 30 terlebih dahulu dianggap sebagai pemenang.
  • Umumnya, tim atau pemain yang berhasil memenangkan dua permainan dianggap sebagai pemenang pertandingan.

Kenali lapangan badminton.

Lapangan badminton memiliki panjang 13,4 meter dan lebar 6,1 meter. Jika Anda bermain nomor tunggal, area permainan yang valid memiliki panjang 13,4 meter, tapi dengan lebar hanya 5,18 meter. Net badminton dipasang membelah panjang lapangan dan memiliki tinggi 1,5 meter dari permukaan tanah. Ketika bermain di nomor ganda, area selebar 46 cm di bagian samping lapangan dianggap sebagai area yang valid untuk serve dan memukul balik. Berikut beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui.

  • Tiap sisi lapangan punya area service kanan dan kiri. Pemain yang membawa serve harus melakukan serve ke arah area serve lawan yang bersilangan dari posisinya. Dengan kata lain, jika pemain membawa serve dari area kanan, maka dia harus memukul serve ke area kiri lawan.
  • Untuk nomor tunggal, ketika melakukan serve, pemain boleh memukul serve ke arah kotak service diagonal lawan juga garis tunggal belakang di sisi tersebut, tetapi tidak boleh ke arah garis samping lapangan ganda.
  • Untuk nomor ganda, saat melakukan serve, pemain boleh memukul serve secara diagonal ke arah lawan, termasuk garis samping lapangan ganda, tetapi tidak boleh ke arah garis serve lapangan tunggal.
  • Jadi, dalam nomor tunggal area serve akan lebih panjang dan sempit, sementara dalam nomor ganda, area serve akan lebih lebar, tetapi pendek.
  • Setelah serve berhasil dlakukan, seluruh lapangan masing-masing tim boleh digunakan. Shuttlecock hanya perlu berada di dalam batas lapangan ganda atau tunggal.
  • Pemain bisa mencetak angka jika lawannya melakukan pelanggaran. Jika pemain yang melakukan serve memaksa lawannya melakukan pelanggaran, angka akan dberikan kepada pemberi serve. Jika sebaliknya, lawan akan mendapatkan angka sekaligus hak untuk melakukan serve pada permainan berikutnya.

Pahami dasar permainan.

Berikut beberapa hal di luar informasi lapangan dan aturan poin yang perlu Anda ketahui sebelum Anda mulai bermain
  • Lempar koin atau lakukan kontes kecil untuk menentukan siapa yang melakukan service pertama dan memilih sisi lapangan.
  • Service pertama dbadminton selalu dmulai dari sebelah kanan.
  • Jika serve yang dlakukan melanggar aturan, maka lawan mendapat poin dan berhak melakukan service. Hak melakukan serve selalu berpindah ke pemain atau tim yang berhasil mencetak poin.

Pahami dasar permainan.

  • Untuk memudahkan Anda mengetahui dsebelah mana Anda harus membawa service, ingat aturan sederhana ini: jika poin pemain yang membawa service ganjil, maka ia harus melakukan service d sebelah kiri area service. Jika genap, d sebelah kanan.
  • Untuk nomor ganda, jika misalnya Anda yang membawa service pertama, lalu kehilangan poin (dan hak service), tapi kemudan berhasil mencetak poin dan merebut kembali hak service, maka pemain yang melakukan service adalah rekan tim Anda. Jika setelah itu tim Anda kembali mencetak poin, pemain yang membawa service tetap rekan tim Anda. Anda baru akan melakukan service jika kehilangan hak service lalu merebutnya kembali.
  • Setelah akhir pertandngan, masing-masing tim atau pemain bertukar sisi lapangan, dan tim atau pemain yang memenangkan permainan sebelumnya berhak melakukan service pertama di permainan berikutnya.

Tahu kapan pemain melakukan pelanggaran.

Ada beberapa kondisi yang dnyatakan sebagai pelanggaran, yaitu

  • Saat serve, shuttlecock harus dpukul dtitik yang lebih tinggi atau sama dengan pinggang pemukulnya, jika tidak, ini pelanggaran. Jika ada bagian raket yang tidak lebih tinggi daripada tangan pemukulnya saat serve, ini juga bisa dsebut sebagai pelanggaran.
  • Jika tim yang melakukan serve gagal melewatkan shuttlecock melalui net. Shuttlecock hanya boleh dpukul satu kali oleh pemain yang sama untuk dinyatakan sah dalam badminton. Dalam badminton pemain hanya punya satu kesempatan serve. Kecuali jika shuttlecock membentur net dan jatuh ke lapangan lawan. Dalam kasus ini, pemain akan dberi kesempatan melakukan serve lagi.
  • Jika pemain memukul shuttlecock ke arah atau ke bawah net saat permainan berlangsung.
  • Jika shuttlecock mengenai badan pemain.

Tahu kapan pemain melakukan pelanggaran.

  • pemain memukul shuttlecock keluar batas atau melewati samping atau bawah net ke pemain dsisi lapangan sebaliknya. Shuttlecock yang jatuh di atas garis batas bisa saja danggap masuk.
  • Jika pemain memukul shuttlecock dpermukaan lapangan sendri atau yang telah melewati garis service terpanjang, ini bisa isebut pelanggaran.
  • Jika pemain yang melakukan serve tidak berhasil membawa shuttlecock ke sisi lapangan lawan yang tepat.
  • ada pemain yang mencoba (entah berhasil maupun tidak) untuk menghalangi lawannya dengan cara apa pun, ini bisa disebut sebagai pelanggaran.
  • Kaki semua pemain harus berada ddalam area service selama permainan berlangsung. Jika tidak, bisa dsebut sebagai pelanggaran.
  • Jika pemain bisa menyentuh net dengan peralatan apa pun, termasuk pakaian atau anggota tubuhnya, ini bisa dsebut sebagai pelanggaran.
  • Gerakan tipuan yang membingungkan lawan sebelum atau selama service dberikan juga bisa danggap sebagai pelanggaran.

Pelajari cara dasar memukul shuttlecock.

Raket badminton yang standar biasanya memiliki panjang sekitar 66 cm dan memiliki berat antara 4,5 sampai 5,5 ons. Kebanyakan raket biasanya terbuat dari besi dan nilon, dan Anda perlu tenaga untuk menghasilkan pukulan yang efektif menggunakan raket yang ringan ini. Seperti tenis, pukulan dasar dbadminton adalah forehand dan backhand, dan Anda memerlukan otot pergelangan tangan yang cukup kuat untuk bisa memukul dengan baik. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui

  • Faktor kunci ketika memukul adalah posisi kaki. Perhatikan ke mana shuttlecock mengarah, lalu melangkahlah seefisien mungkin sehingga Anda berada dalam posisi yang bisa membuat raket Anda bisa menjangkau dan memukul shuttlecock dengan mudah tanpa harus berlari dan berdri tepat ke arah shuttlecock tersebut.
  • Untuk bisa membuat pukulan yang efektif dan kuat, Anda harus sering berlatih mengayunkan raket dan memukul shuttlecock. Pukul bagian buntut shuttlecock-nya, bukan bagian bulunya.
  • Latih pukulan lambung Anda. Pukulan ini akan membawa shuttlecock jauh ke area belakang lapangan lawan, sehingga Anda punya waktu untuk memperbaiki posisi dan menyiapkan serangan atau pukulan berikutnya.

Pelajari cara dasar memukul shuttlecock.

  • Latih drop shot Anda. Pukulan ini akan membuat shuttlecock jatuh ke area depan net, sehingga sulit djangkau oleh lawan.
  • Latih smash Anda. Pukulan ini biasanya keras dan dilakukan ketika shuttlecock berada dketinggian yang lebih tinggi dari net. Untuk melakukan smash, Anda harus mengancang-ancang raket Anda d belakang kepala, lalu memukul shuttlecock-nya dengan keras.
  • Latih drive shot Anda. Pukulan ini bisa dilakukan baik dengan forehand maupun backhand. Pukulan ini membuat shuttlecock bergerak paralel dengan tanah melewati net, sehingga membuat lawan kesulitan mengantisipasi dan menangkisnya.
  • Pahamilah bahwa pemain yang melakukan serve harus mampu mengenali saat lawannya siap menerima serve. Pemain yang melakukan serve tidak boleh memulai jika lawannya tampak belum siap.
    • Kedua pemain harus berada di dalam batas lapangan dengan kaki tetap diam dan menyentuh lantai hingga service diberikan ke arah lawan. Meskipun begitu, pemain tidak boleh berdiri di atas garis di lapangan karena area tersebut dianggap di luar area service.

Ini lagi rangkuman peraturan dalam bermain badminton yang telah kita rangkum dalam Acelaw semoga ranguman ini dapat berguna untuk kalian semua ya